Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya ketrampilan guru dalam mengajar di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara, model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat tradisional atau mekanistik yaitu guru menerangkan dengan fasilitas seadanya yaitu papan tulis dan spidol sehingga tidak ada kesan yang membuat pelajaran menjadi menarik bagi siswa bahkan banyak siswa yang merasa bosan. Tujuan penelitian ini antara lain adalah (1) Untuk mendiskripsikan implementasi model pembelajaran berbasis IT di SMA Negeri 1 Nalumsari Untuk mendiskripsikan hambatan implementasi model pemelajaran berbasis IT di SMA Negeri 1 Nalumsari. (2) Untuk mendiskripsikan solusi dari hambatan implementasi model pemelajaran berbasis IT di SMA Negeri 1 Nalumsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi Arikunto, Suharsimi dkk. 2009:3). Subjek penelitian ini adalah guru kelas X SMA Negeri 1 Nalumsari. Hasil penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis IT menunjukan adanya peningkatan keterampilan mengajar Guru terlihat dari peningkatan hasil dari setiap siklusnya, Keterampilan bertanya, Pada pra tindakan hasil yang dicapai adalah 65% , pada siklus I hasil yang capai 80 %, dan pada siklus II 85%. Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, pada pra tindakan hasil yang dicapai 40%. Pada siklus I hasil yang dicapai 70% dan pada siklus II hasil yang dicapai 95%.Ketrampilan menjelaskan, awalnya 65%. Pada siklus I hasilnya 85% dan siklus II hasil yang dicapai 95%.memberikan penguatan, Hasil yang capai sebelum pra tindakan adalah 60%. Pada siklus I hasil yang dicapai adalah 85 % dan pada siklus II hasil yang dicapai adalah 85 %. Ketrampilan mengelola kelas, Hasil awal adalah 40%. Pada siklus I hasil yang dicapai 75% dan siklus II 90% Ketrampilan menggunakan media berbasis IT, hasil awal 15%. Pada siklus I hasil yang dicapai 70% dan pada siklus II hasil yang dicapai adalah 95% .
untuk lebih lanjutnya silahkan download file dibawah ini
Recent Comments