Belajar Daring Masa Depan Dunia Pendidikan

Praktisi Pendidikan, Claudia Ingkiriwang menyebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan metode daring bukan hanya bisa dipandang sebagai situasi new normal bagi dunia pendidikan. Belajar daring merupakan masa depan dunia pendidikan.

“Ini dipercepat lebih awal. Masa depan pendidikan datang lebih cepat. membuka mata lebih nyala,” kata Claudia dalam web binar heartline network. Menurut Claudia, situasi new normal ini pun akan merembet pada pola pikir industri lewat kebijakan bekerja dari rumah. Industri akan membuat skema kebutuhan di masa yang akan datang untuk kemajuan mereka.

“Akan ada kebutuhan karyawan dan lapangan pekerjaan yang tidak ada di hari ini. Bahkan Twitter telah mengizinkan karyawannya untuk work from home selamanya,” jelas Claudia.

Menurut Claudia, pekerjaan rumah bagi seluruh pihak yakni membentuk anak yang adaptif. Output pendidikan harus menjadikan anak lebih mandiri dan memiliki pendidikan yang komprehensif.

“Ada perubahan dalam proses mengajar belajar itu sendiri. Anak harus terbiasa belajar independen. Ini yang harus kita siapin juga. Sekolah bukan lagi soal ruang,” terang dia.

Pola pikir inilah yang harus dibentuk orang tua, guru dan sekolahnya saat ini. Hal ini guna menjawab tantangan kebutuhan masa depan.

“Karena kita tidak bisa menduga juga akan ada gejala alam apa lagi, gejala ekonomi apa lagi. Yang saya garis bawahi independen learner yang memiliki self disiplin bagi anak untuk mengembangkan apa yang dia punya,” tutup Claudia