UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NALUMSARI TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Muhammad Khoirurriza, guru SMA Negeri 1 Nalumsari. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berdasarkan pada penelitian upaya meningkatkan pembelajaran teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada kelas XI SMA Negeri 1 Nalumsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nalumsari yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran pembelajaran teks prosedur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari indikator persentase peserta didik yang mengikuti pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran pembelajaran teks prosedur mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh adalah 64. Pada siklus II persentase rata-rata nilai yang diperoleh meningkat menjadi 80. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMA Negeri 1 Nalumsari tahun ajaran 2022/2023.

Untuk lebih lanjut silahkan download file dibawah ini

PTK PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR_MUHAMMAD KHOIRURRIZA (1)