UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR AND SHARE) PADA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021

David Eko Prabowo, Guru SMA Negeri 1 Nalumsari. mengadakan penelitian pembelajaran kooperatif dengan model TPS (Think Piar and Share) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Model Pembelajaran TPS (Think Pair and Share) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 SMA N 1 Nalumsari tahun ajaran 2022/2023.

Model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) perlu dilaksanakan dalam pembelajaran dikelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu model pembelajaran TPS merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Keunggulan teknik ini adalah optimalisasi partisipasi siswa.

Guru sejarah harus selalu kreatif dalam dalam proses pembelajaran agar memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran sejarah secara kooperatif.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Nalumsari yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas XI IPS 3SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara setelah menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share)

meningkat. Dari hasil analisis data dari siklus I dan siklus II setelah melalui evaluasi diperoleh ketuntasan belajar siswa dari 58,33% menjadi 86,12% sedangkan nilai rata-rata dari 65,69 menjadi 70,00%.

 

untuk lebih lanjutnya silahkan download file dibawah ini

PTK David Eko Prabowo