David Eko Prabowo, Guru SMA Negeri 1 Nalumsari. mengadakan penelitian kecil untuk pembuatan artikel tentang Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Media Slide Dengan Contoh Relief Ramayana Candi Prambanan Dalam Memunculkan Pertanyaan dan Pendapat Siswa Kelas X SMAN 1 Nalumsari Tahun Pelajaran 2021/2022

Pertanyaan dan pendapat dari siswa merupakan tolak ukur lain dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran sejarah selain dari nilai tes. Pertanyaan dan pendapat dari siswa dapat diperoleh guru dengan menggunakan media multi fungsi seperti Slide, agar anak didik dapat berfikir imajinatif, konkret, aktif dan proses belajar mengajar berjalan tidak membosankan. Apalagi contoh-contoh yang diberikan dalam Slide tersebut itu adalah relief Ramayana yang notabene adalah hasil karya nenek moyang bangsa Indonesia dan merupakan peradaban bangsa sehingga anak didik merasa memiliki dan merasa bagian dari hasil karya tersebut. Sehingga bisa didapatkan rasa ingin tahu siswa lebih lanjut yang dilakukan dengan bertanya dan berpendapat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pembelajaran sejarah dengan menggunakan Slide relief Ramayana dapat meningkatkan prestasi belajar dan dapat membuat aktif siswa melalui pertanyaan dan pendapat siswa kelas X SMAN 1 Nalumsari tahun pelajaran 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Slide
terhadap prestasi belajar dan respon pertanyaan dan pendapat dari siswa di SMAN 1 Nalumsari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Nalumsari kelas X IPA 1
(sebagai kelas eksperimen) dan X IPA 3 (sebagai kelas control) tahun ajaran 2021/2022yang berjumlah 72 siswa. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembelajaran
dengan Slide contoh relief Ramayana candi prambanan dan prestasi belajar dan pertanyaan dan pendapat siswa. Data yang diambil melalui observasi, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen yaitu ada perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas control agar bisa dilihat perbedaanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan contoh relief Ramayana candi Prambanan yaitu bertanya dan berpendapat serta perbedaan hasil tes berupa uji t sebesar 9,782) > (2,00) Kreativitas guru perlu ditingkatkan dalam menggunakan media pembelajaran sejarah dan memeberikan contoh yang lebih dekat dan nyata dari keadaan lingkungan kebudayaan siswa.

untuk lebih lanjutnya silahkan download file dibawah ini

ARTIKEL EKSPERIMEN DAVID