MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 NALUMSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

David Eko Prabowo, Guru SMA Negeri 1 Nalumsari. mengadakan penelitian kecil untuk pembuatan artikel tentang Model Pembelajaran Cooperative Learning Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Sman 1 Nalumsar Tahun Ajaran 2022/2023

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative learning menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan model pembelajaran sejarah agar dapat menarik minat siswa

Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI D yang berjumlah 36 siswa. Siswa dikatan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai minimal > 67,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 75 % dari jumlah siswa yang ada dikelas. Hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 66,9 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,8%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 74,3%. Pada siklus I nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal sudah meningkat, tapi ketuntasan belajar belum mencapai indikator.
Kemudian hasil belajar yang diperoleh pada siklus II nilai rata-rata sebesar 74,9 dengan ketuntasan klasikal 79,5%.
Pada siklus II telah mengalami peningkatan dari siklus I, dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 79,5% dari jumlah siswa satu kelas dan nilai ratarata mencapai 74,9. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative learning menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

untuk lebih lanjutnya silahkan download file dibawah ini

ARTIKEL DAVID EKO PRABOWO